Resep Membuat Tumis Kangkung Saos Tiram

Spread the love

Kangkung merupakan salah satu sayuran hijau yang amat populer sebagai bahan masakan di Indonesia. Kangkung banyak dijumpai di Indonesia dan banyak dijual di pasaran dengan harga yang murah. Masyarakat Indonesia biasanya membuat kangkung dengan berbagai olahan seperti tumis kangkung pedas, plecing kangkung, tumis kangkung ayam dan tumis kangkung saos tiram.

Harga kangkung di pasar tradisional berkisar antara 2000-3000 per-ikat. Sangat murah bukan? Dengan harga yang terjangkau dapat menghasilkan masakan yang nikmat dan lezat. Tips untuk memilih kangkung di pasar tradisional jangan memilih kangkung yang daun nya mulus tidak berlubang. Karena biasanya apabila sayur tersebut tidak berlubang, maka banyak sekali penggunaan pestisida untuk sayur tersebut. Sehingga, tidak baik bagi kesehatan konsumen. Pilihlah sayur kangkung yang tidak terlalu banyak lubang dan masih segar tentunya. Pemilihan kangkung ini menjadi dasar yang penting karena menyangkut dengan kesehatan tubuh kita.

Banyak kreasi masakan yang tercipta dari bahan sayur kangkung ini. Dari seluruh kota di Indonesia mengenal masakan ini. Olahan dari bahan kangkung ini bahkan menjadi andalan di beberapa tempat makan terkenal di Indonesia yang memang menjadikan kangkung sebagai menu utama ataupun malah menjadikan kangkung sebagai nama dari tempat makan mereka.

Salah satunya olahan dari sayur ini adalah dimasak dengan cara ditumis, yang rasanya tentu saja sangat pas untuk lidah nusantara ini. Memasak dengan cara menumis sangat mudah dilakukan dan membutuhkan waktu yang relatif cepat dalam proses memasaknya, sehingga menjadi primadona.

Manfaat Masakan Kangkung

Masakan dari kangkung cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia karena selain cita rasa olahan yang lezat, kangkung juga memiliki kandungan gizi yang sudah tidak diragukan lagi bagi kesehatan. Sayuran ini memiliki kandungan vitamin mineral yang tinggi dan baik untuk pencegahan penyakit anemia.

Kangkung juga baik bagi penderita diabetes karena memiliki kandungan zat yang dapat menghambat kinerja penyerapan gula oleh tubuh. Kangkung juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas otak sehingga baik disajikan untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Masakan ini bisa dihidangkan untuk bekal anak sekolah, mengingat manfaatnya yang sangat besar bagi pertumbuhan kualitas otak. Masakan ini juga sangat mudah untuk dibuat dan proses pembuatannya tidaklah sulit. Bagi Anda yang terburu-buru dapat mencoba membuat masakan ini.

Cara Membuat Masakan Olahan Kangkung

Untuk membuat masakan ini sangatlah mudah karena bahan-bahan yang digunakan mudah didapat.  Berikut ini merupakan resep membuat tumis kangkung saos tiram.

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan dan alat yang akan dibutuhkan untuk membuat tumis kangkung saos tiram, alat dan bahan yang dibutuhkan yaitu :
  • 1 ikat kangkung segar, petik bagian yang muda dan buang bagian akarnya, cuci bersih pada air mengalir. Sebaiknya batang tua dari kangkung tidak diikutkan karena akan terlalu keras apabila di konsumsi.
  • Minyak goreng untuk menumis (secukupnya) biasanya 2-3 sendok makan tergantung kuantitas dari bumbu, bisa juga menggunakan margarin.
  • Bawang putih 3 siung, iris bawang secara tipis-tipis atau boleh juga bawang dihaluskan sesuai dengan selera masing-masing.
  • Bawang merah 4 buah, iris dengan tipis
  • 1 sendok teh garam halus, boleh lebih sesuai selera lidah masing-masing
  • Saus tiram 2 sendok makan (boleh ditambah apabila dirasa kurang)
  • Cabai merah 2 sebanyak 2 buah (boleh kurang atau lebih) iris menyerong. Bagi yang tidak suka dengan rasa pedas bisa dihilangkan terlebih dahulu bijinya lalu iris menyerong.
  • Tomat 1 buah, iris menjadi 8 bagian. Boleh tidak menggunakan tomat.
  • Gula putih ½-1 sendok teh. Boleh menggunakan gula merah sesuai dengan selera.
  • Kemiri 1-2 buah, haluskan bersama dengan bawang putih. Dengan penambahan kemiri akan menambah cita rasa yang dihasilkan.
  • Penggorengan, piring untuk penyajian, kompor, ulekan, wadah untuk kangkung segar.
  • Langkah selanjutnya, panaskan minyak pada kompor dengan api sedang agar saat proses penumisan, bumbu tidak langsung gosong atau menghitam. Setelah minyak panas masukan terlebih dahulu bawang merah dan tumis hingga warna nya berubah menguning. Lalu masukan bawang putih cabe dan kemiri yang sudah dipersiapkan sebelumnya, tomat dimasukkan pada saat bumbu sudah harum agar tomat tetap segar.
  • Masukkan kangkung yang sudah dibersihkan dan dipetik sebelumnya, kangkung dibolak-balik hingga semua tercampur dengan bumbu, tambahkan garam, gula dan saos tiram. Tambahkan sedikit air untuk membuat sedikit kuah. Masak hingga kangkung menjadi layu kurang lebih membutuhkan waktu selama 15 menit. Sebaiknya pada saat proses pematangan tutup dengan tutup panci atau penutup lainnya. Jangan lupa untuk mencicipi sebelum masakan disajikan. Apabila rasanya kurang pas bisa tambahkan bumbu sesuai dengan selera.
  • Siapkan piring untuk penyajiannya, terlebih dahulu jangan lupa untuk membersihkan piring. tuang sayur kangkung pada piring yang tersedia. Hati-hati dalam menuang kangkung karena masih dalam keadaan panas.
  • Tumis kangkung saos tiram siap untuk dihidangkan. Hidangan ini sangat lezat apabila dalam keadaan yang masih hangat. Namun, sebaiknya nasi yang dihidangkan di dinginkan terlebih dahulu. Tumis kangkung juga bisa di hidangkan dengan sambal, bagi pecinta pedas. Hidangan ini di boleh untuk dipanaskan.

Demikian resep membuat tumis kangkung saos tiram yang mudah untuk dibuat di rumah. Waktu pembuatan cepat dan rasa yang dihasilkan nikmat. Hidangan tumis kangkung saos tiram ini cocok dinikmati bersama sambal, tempe goreng, lalapan timun maupun kerupuk. Selamat mencoba, semoga resep diatas membantu Anda untuk proses masak yang lebih cepat.